Tentang COVID, PPKM & betapa pentingnya punya hunian di Ibukota

Artikel ini dibuat bukan untuk menakut – nakuti , atau menurunkan minat memiliki hunian diluar Jakarta.  tapi bertujuan untuk memberikan gambaran real  berdasarkan perkembangan situasi dan kondisi saat ini dan sebagai bahan pertimbangan , khususnya bagi anda yang saat ini sedang mempertimbangkan memiliki hunian , baik hunian pertama maupun kedua, dan seterusnya. Atau mungkin belum ada rencana tapi masih ada rejeki lebih, alangkah baiknya  untuk memiliki backup hunian di ibukota.

 

Pentingnya memiliki Properti dan hunian di Jakarta

PPKM (Pemberlakun Pembatasan Kegiatan Masyarakat) mulai diberlakukan dari tanggal 03 Juli 2021 dan hingga saat ini, masih terus diperpanjang minggu demi minggu .

PPKM diterbitkan dikarenakan meningkatnya pasien positif covid 19 secara pesat,  dari yang sebelum Juli rata-rata 3000 kasus positif baru per hari, hingga sempat mencapai 50.000+ kasus baru. Sejauh ini, dengan adanya usaha – usaha yang dilakukan pemerintah, release angka kasus baru turun cukup signifikan , kembali ke single digit, meski belum kembali ke angka 3000an di bulan april/mei, atau lebih baik lagi turun mendekati nol. Tetapi apa iya, kondisi akan benar – benar pulih, ketika melihat negara – negara tetangga masih berjibaku dengan kasus – kasus baru Covid, negara yang terbilang sangat tinggi kesadarannya dari awal, dan jumlah penduduk yang jauh dibawah Indonesia, yang berarti harusnya lebih mudah dalam penanggulangan maupun pemberian vaksin secara luas secara lebih cepat. Ini hanya menggambarkan satu situasi, dimana Indonesia harus senantiasa waspada, karena sewaktu – waktu ‘breakout’ dapat kembali terjadi.

Serta mengikuti pendapat para ‘expert’ baik secara global maupun dalam negeri, pandemi ini masih akan terus berlanjut, variant – variant baru telah dan masih akan bermunculan. Sembari usaha negara-negara untuk melakukan vaksinasi kepada masyarakat. Di Indonesia sendiri jumlah masyarakat yang sudah divaksin tahap 1 mencapai 56 juta orang, dari target 208 juta, yang berarti baru sekitar 25+%. Jadi kita akan terus beradaptasi dan membiasakan diri dengan gaya hidup saat ini.

 

Jadi.. ada apa dengan Ibukota Jakarta ? apa pentingnya?

Jakarta. Tidak dapat di pungkiri sejak awal pandemi,  Jakarta sebagai ibukota, adalah salah satu kota atau Kota yang nomor satu dalam melakukan tracing, dan sejak meningkatnya kasus, dapat makin terlihat kelebihan Jakarta, dimana pada awalnya semua sentra vaksin dan penduduk yang dapat divaksin mayoritas berada di Jakarta, bagi yang tinggal di bodetabek pun dapat merasakan, syarat -syarat vaksin memiliki ktp Jakarta atau surat bekerja di Jakarta.

Serta secara umum, tidak dipungkiri bahwa Jakarta memiliki jumlah rumah sakit, fasilitas kesehatan, klinik, apotik yang jauh lebih banyak dan lengkap dibandingkan daerah dan kota lainnya di Indonesia. belum lagi kualitas fasilitas seperti transportasi, komunikasi , dan sebagainya. Banyak daerah kabupaten yang terkadang rumah sakit hanya ada 1 atau 2 .

Saat ini Jakarta sebagai ibukota, juga merupakan wilayah no.1, yang dimana dapat dikatakan 70-80% penduduknya sudah divaksin, dan terus bertambah. Sedangkan daerah sekitarnya masih tertinggal jauh. Jadi jika sewaktu- waktu terjadi keadaan ‘darurat’ , sangat normal bagi Jakarta untuk pemberlakuan pembatasan ketat.

Beberapa tahun terakhir ini terjadi tren hunian sepanjang jalur kereta, selatan hingga bogor, barat hingga maja. andaikata Jika ‘worst case scenario’ terjadi, dan untuk memutus pergerakan masyarakat , pemda setempat memutuskan membatasi ketat jumlah penumpang kereta atau bahkan membatasi atau menghentikan operasional kereta sementara, dikombinasikan dengan penyekatan daerah. Bayangkan mereka yang tinggal di tenjo atau Maja, atau titik-titik lainnya, aktivitas yang dapat lakukan, akan sangat terbatas. Apalagi jika ada dalam kondisi darurat.

Satu yang umumnya terjadi, di suatu kawasan atau wilah administratif, dengan ribuan atau puluhan ribu KK, umumnya hanya di tunjang 2-3 rumah sakit besar. Hal ini umum dan bisa dibilang sangat baik, jika dikondisi normal.

Jika suatu RS padat , tinggal di rujuk ke RS atau fasilitas kesehatan sekitar, namun jika peralatan atau perlengkapan tidak memadai, tinggal dirujuk ke Jakarta. Tapi bayangkan  jika dalam kondisi darurat, 30% atau lebih warga sekitar membutuhkan layanan kesehatan, sedangkan pergerakan di batasi,  dapat lintas batas namun harus mengurus surat keterangan dari kelurahan/kecamatan setempat? Wallahualam bissawab.

Memang relatif, khususnya jika anda tinggal, di area bukan wilayah Jakarta, tapi di area dan kawasan premium yang di suppot dengan sentra kesehatan dan kebutuhan yang memadai, namun jika kondisi ‘darurat’ mengakibatkan fakes di area tersebut juga mesti mengcover bukan hanya kawasan terbatas namun juga masyarakat dari wilayah sekitar, maka bisa dipastikan dapat terjadi overload.

Properti dan hunian di Jakarta mahal , oleh karena itu kita pilih di luar Jakarta

Nilai suatu properti , memang tergantung supply dan demand. Ketika permintaan jauh melebihi supply/stok maka otomatis harga akan naik. Dan Jakarta sebagai ibukota, sentra ekonomi dan bisnis, mengundang banyak masyarakat Indonesia maupun warga negara ading untuk datang beraktivitas, berlibur, bekerja  dan tinggal di Jakarta. Makin banyak nya pendatang, namun jumlah lahan yang tetap , membuat harga terkerek naik, bersaing dengan kota- kota metropolitan besar di dunia.

Keterbatasan lahan + harga lahan yang tinggi, mendorong pengembang untuk membangun properti vertikal, entah perkantoran atau apartemen, pengembang rumah tapak/landed house makin terbatas,  dan dengan harga yang premium. Hal tersebut , secara otomatis menumbuhkan kantong-kantong hunian baru di daerah seputar Jakarta, khususnya landed house, yang dimana pada awalnya harga cenderung jauh dibawah harga rata- rata di Jakarta.

kantong-kantong hunian  atau kadang disebut kota-kota satelit baru ini, khususnya yang terencana, dan di support fasilitas – fasilitas  modern dan makin dilengkapi CBD/sentra bisnis sendiri, kian hari harganya cenderung bersaing, atau bahkan di beberapa kondisi, lebih tinggi dari harga di ibukota.

 

Jadi, baiknya bagaimana?

Sejak hadirnya Covid, aktivitas masyarakat sangat dibatasi, jika tidak penting atau urgent lebih baik dirumah saja , hal ini termasuk aktivitas perkantoran dan bisnis, yang menerapkan WFH dan kehadiran di kantor maksimal 50% atau dalam kondisi tertentu , kantor 100% diliburkan. Mal ditutup atau sangat dibatasi.

Hal diatas tentunya sangat memukul aktivitas ekonomi, dan tidak terlepas industri properti. Kondisi ini disikapi pemerintah dengan merilis kebijakan ” bebas ppn 10%” , khususnya untuk projects properti yang sudah jadi dan mendekati siap huni . 10%! Dengan pembebasan pajak ini, diawal pembeli, langsung hemat atau di bilang profit 10%. jika nilai properti 1M , itu berarti hemat/profit 100 juta sendiri.program ini awalnya berlaku hingga akhir agustus, dan tampaknya diperpanjang hingga akhir 2021

Di sisi pengembang, khususnya pengembang besar, yang memilki land banking sejak lama, finansial yang kuat dan projects yang sudah jadi atau hampir jadi, mereka me launch program – program promo yang sangat menarik.

Jadi jika saat ini anda diberkahi rejeki yang cukup atau memang sedang berencana membeli properti, saat ini , di pandemi ini , justru waktu yang sangat ideal untuk mewujudkan rencana anda.

Rekomendasi pilihan properti menarik di Jakarta di saat Pandemi ini

Banyak pilihan projects properti baru di Jakarta. Berikut kami highlights kan top projects properti yang kami pasarkan saat ini. Dari yang affordable berdasarkan standar Jakarta, hingga yang luxury dengan keunikannya masing- masing.Mayoritas adalah hunian vertical , dan beberapa landed houses yang menarik. Apartemen tentunya memiliki kelebihan utama : private, fasilitas lengkap, security, lebih affordable, dan dapat ditinggal sewaktu-waktu tanpa pusing, khususnya untuk pemilik yang jarang menempati unitnya. Sedang untuk landed house di Jakarta, umumnya saat ini harga sudah diatas 5M , dan berada di cluster – terbatas baik secara luas lahan keseluruhan  maupun fasilitas cluster.

Tentunya pertimbangan bukan sekedar dari property-nya sendiri, baik spek maupun fasilitas, namun dari lingkungannya juga, kedekatan dengan fasilitas kesehatan (fakes) seperti rumah sakit, klinik, dsbnya.Juga dari transportasi publik ( yang saat ini semua transportasi publik di jakarta harusnya telah mewajibkan vaksin paspor). Kedekatan dengan transportasi publik juga sangat penting, jika sewaktu- waktu tidak hanya ingin dihuni sendiri, namun juga disewakan. (Sama seperti kita atau turis ingin mencari hotel atau hunian ketika ke singapura atau kuala lumpur, umumnya mencari yang dekat MRT, atau bus station demi kenyamanan). Serta tak kalah penting fasilitas lain seperti pendidikan/sekolah, mall dan hiburan serta bisnis.

Terakhir, mayoritas projects di Jakarta Selatan. Dengan banyaknya berita akan climate change, tsunami, kenaikan air laut, penurunan tanah, kombinasi, dan sebagainya. Kami saat ini belum menawarkan projects tepi pantai, atau area utara, dan sebagainya.bahkan jika projects terbaru telah dikondisikan , ditinggikan, dan sebagainya, namun jika tidak diikuti  kawasan di sekitar , berarti sama saja. Jika sewaktu – waktu terjadi banjir, meski kawasan kita aman, tapi sekeliling kelelep.. jadi disconnect.

So, Jakarta Selatan still the best.

Berikut project – project tersebut (akan diupdate sesuai perkembangan) :

Vertical residential :

Super Value For Money: Bintaro Park View .Studio 400j (tdp 4,8jt all in) & 2 br 700jt-an(tdp 8jt all in). Siap huni & Full furnish

Walau namanya ada embel – embel bintaro, namun Bintaro Park View masih berada di Jakarta Selatan, bukan Tangsel. Lokasi strategis, 5 menit ke pintu tol veteran,  di lalui bus transJakarta langsung ke Blok M. Siap Huni dengan Fasilitas lengkap, yang paling istimewa adalah harganya adalah 400jt untuk unit studio dan 750jt untuk unit 2 kamar, sudah termasuk furniture dan elektronik, tinggal bawa koper. Apalagi? DP dibayarin dan bea BPHTB dan akad kredit juga bisa All in. Jadi anda yang berminat bisa memiliki unit hanya dengan booking fee senilai 4 juta (studio) atau 7 juta (2 kamar) , setelah itu langsung akad, dan lalu tinggal bayar cicilan tiap bulan, tanpa biaya- biaya besar lainnya lagi. Sangat cocok buat yang masih kos/sewa kos2an atau apartemen, dan juga beli/investasi properti pertama.

LRT City Tebet ( The Premiere MTH). Tepat Seberang Stasiun LRT & Commuter Line Cawang – 835jt (studio)

Nilai Jual yang paling utama dari The Premiere MT Haryono adalah lokasinya yang super sekali, tepat didepan stasiun LRT yang akan segera beroperasi dan stasiun commuter line Cawang ( depan tol dalam kota dan samping showroom AUDI). Dengan LRT cukup 5-10 menit untuk mencapaivarea kuningan dan stasiun akhir dukuh atas, Sudirman. Semua itu hanya dengan harga 835juta (studio)

Permata Hijau Suites (PHS) -10 menit ke Senayan/Sudirman. 1 br Sold out, 2 br (1,7M) & 3 br (2,5M)

Bagi anda yang beraktivitas, bekerja, dan berbisnis di area sekitar Thamrin ,Sudirman, Senayan. Dan mencari hunian di sekitar area tersebut yang dapat dibilang berfasilitas lengkap , luxury, namun dengan harga kompetitif dan brand new.maka Permata Hijau Suites akan menjadi salah satu pilihan utama. Banyak apartemen mewah dengan fasilitas lengkap di sekitar sudirman, namun mayoritas diatas 3M. Yang dibawah itu biasanya sudah cukup berumur. PHS dapat anda miliki dengan harga 1,7M (2br) & 2,5M (3br). Untuk 1 br sudah sold out.

Southgate Tb Simatupang – Best Project with premium mall : Aeon. Mulai1,1M (Studio 34m2)

Untuk SouthGate Tb Simatupang, project satu ini adalah project super favorit kami. Lahan 5,4ha yang hanya digunakan untuk mall, 3 tower residential premium, dan 1 tower office dengan 60% green area. 3 tower premium residential dengan berbagai fasilitasyang mewah dan melimpah  salah satunya jogging track 1 km.

Berlokasi Diantara CBD simatupang dan kampus Universitas Indonesia. Tepat berada di depan stadiun commuter line, jalan tol dan jalur trans Jakarta. Dekat pintu tol, dan hanya sekitar 40 menit menuju bandara soekarno hatta.

Southgate menawarkan superblock premium yang dikombinasikan dengan harga yang kompetitif. Hal ini salah satunya dapat terjadi karena pengembangnya  Sinarmas Land , memiliki lahannya sejak lama.

Arumaya Tb Simatupang, mulai 1,5M

Dikembangkan oleh salah satu perusahaan raksasa Indonesia – Astra. Merupakan saudara dari Apartemen Hi end di Sudirman – Anandamaya, serta memiliki spek dan vibe yang serupa. Dengan Iconic 50 meter rooftop infinity pool, menjadikan Arumaya, Marina bay sands nya Tb Simatupang.Selain itu berada di antara 2 stasiun MRT, walking distances ke RS Siloam & kompleks perkantoran South Quarter, 3 menit ke kawasan Pondok Indah, merupakan banyak nilai tambah lainnya.

Samara Suite Gatot Subroto

Terletak di Gatot Subroto, tepat di depan Stasiun LRT dan gedung SMESCO, memiliki pintu kedua melalui patra Kuningan. Sudah hampir memasuki serah terima unit. Saat ini merupakan satu- satunya apartemen mewah terbaru di kawasan Gatot Subroto

The Element Kuningan

Apartemen premium yang Berada di Kawasan epicentrum, towernya attach dengan Epiwalk, 2 menit jalan kaki ke XXI dan banyak restoran internasional, 5 menit jalan kaki ke RS. , GOR Soemantri, Dan stasiun LRT dan TransJakarta

Verde 2 Kuningan 11-12M (220sqm)

Verde 2 berada di area epicentrum Kuningan. Verde 2 dapat dikatakan salah satu atau satu- satunya apartemen Hi- end di Indonesia yang memberikan fokus kepada kesehatan kepada penghuninya dengan menyertakan hi end Integrated Air Purifier sebagai standar speknya.

Landed house:

South Groove 11M

South Groove adalah cluster premium di kawasan Lebak bulus, yang dikembangkan oleh PT. Intiland, tbk. Perusahaan yang sama yang mengembangkan banyak properti di ibukota seperti wisma Dharmala, Regatta, Ptomenade 57 Thamrin, South Quarter, Serenia Hill, dan banyak lagi.

South Groove terletak hanya sekitar 3 menit berjalan kaki menuju RS Mayapada , sekolah Cikal, South Quarter. Dan juga 5-10 menuju jalan tol, MRT, kawasan Pondok Indah.

South Groove menawarkan rumah premium 3 lantai yang dilengkapi lift.

 

Paradesa Rempoa 2M

Merupakan cluster perumahan premium dengan desain cantik perpaduan minimalis industrialis di kawasan rempoa, yang masih termasuk dalam wilayah administratif DKI Jakarta. Di pasarkan dengan relatif kompetitif  yaitu 2M , saat ini hanya tersisa 2 unit rumah.

 

List ini akan terus diupdate, bagi bapak dan ibu yang tertarik , membutuhkan informasi lebih lanjut atau ingin mengujungi lokasi , dapat menghubungi kami di 0895611928989 (mas Sed). Terima kasih atas kesempatan yang diberikan

 

 

 

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: welcome to JualProperty.id

Compare

Open chat
halo, bth bantuan atau rencana survey?